Search Blog

analisis swot

Assalammualaikum Wr.Wb


# PENDAHULUAN

Halo teman-teman jumpa lagi dengaan saya, kali ini saya akan membahas materi tentang analisis SWOT. Ingin tahu labih lanjut tentang apa itu analisis SWOT, baca terus artikel ini sampai selesai ok.

# PENGERTIAN

SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.
Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. 

Analisis SWOT (atau matriks SWOT ) adalah teknik perencanaan strategis yang digunakan untuk membantu seseorang atau organisasi mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terkait dengan persaingan bisnis atau perencanaan proyek. Ini dimaksudkan untuk menentukan tujuan dari usaha bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang menguntungkan dan tidak menguntungkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Pengguna analisis SWOT sering bertanya dan menjawab pertanyaan untuk menghasilkan informasi yang bermakna untuk setiap kategori agar alat ini bermanfaat dan mengidentifikasi keunggulan kompetitif mereka. SWOT telah dideskripsikan sebagai alat analisis strategi yang dicoba dan benar.

Kekuatan dan kelemahan seringkali terkait secara internal, sementara peluang dan ancaman umumnya berfokus pada lingkungan eksternal. Namanya adalah akronim untuk empat parameter yang diteliti teknik ini:

  1. S trengths : karakteristik bisnis atau proyek yang memberikan keunggulan dibandingkan yang lain.
  2. W eaknesses : karakteristik bisnis yang menempatkan bisnis atau proyek pada kerugian relatif terhadap orang lain.
  3. O pportunities : elemen-elemen di lingkungan yang dapat dieksploitasi oleh bisnis atau proyek untuk keuntungannya.
  4. T hreats : elemen-elemen di lingkungan yang dapat menyebabkan masalah untuk bisnis atau proyek.


Sejauh mana lingkungan internal perusahaan sesuai dengan lingkungan eksternal diungkapkan oleh konsep kecocokan strategis . Identifikasi SWOT penting karena mereka dapat menginformasikan langkah-langkah selanjutnya dalam perencanaan untuk mencapai tujuan. Pertama, pembuat keputusan harus mempertimbangkan apakah tujuan dapat dicapai, mengingat SWOT. Jika tujuannya tidak dapat dicapai, mereka harus memilih tujuan yang berbeda dan ulangi prosesnya.

Beberapa penulis memuji SWOT untuk Albert Humphrey , yang memimpin konvensi di Stanford Research Institute (sekarang SRI International ) pada 1960-an dan 1970-an menggunakan data dari perusahaan- perusahaan Fortune 500 . Namun, Humphrey sendiri tidak mengklaim penciptaan SWOT, dan asal-usulnya tetap tidak jelas.

 # LATAR BELAKANG


Analisis swot membantu kita dalam menentukan tujuan usaha bisnis atau proyek.

# MAKSUT DAN TUJUAN

menambah wawasan agar seorang tau apa saja yang harus di analisa sebelum menentukan tujuan usaha bisnis ataupun sebuah projek.

# REFERENSI


# PENUTUP

itu lah tadi sedikit pembahasan materi tentang analisis swot semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman, apabila ada kesalahan saya minta maaf karna saya juga masih kurang referensi.

sekian dari saya semoga bermanfaan dan saya ucapkan terimakasih, saya akhiri

Wassalammualaikum Wr.Wb 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "analisis swot"

Posting Komentar